Sepatu Lokal Specs Asli Indonesia

Sepatu lokal Merk Specs, 100% Produk Asli Indonesia 'Hendrik Sasmito'



Indonesia perlu berbangga hati dengan brand sepatu Specs. Brand yang 100% Produk Asli Indonesia ini sudah merajai pasar olahraga Indonesia terutama untuk futsal dan sepakbola. Yuk kita intip sejarah singkat dan kelebihan dari sepatu ini.

Menggunakan sepatu bermerk ternama macam Adidas, Nike maupun Puma, jadi kebanggaan tersendiri bagi setiap pemain futsal. Urusan memilih sepatu ini, tak cuma soal kenyamanan saja melainkan juga bagian dari penampilan. Tapi bagi sebagian orang, soal merk dan tampilan bukan nomor satu, apalagi bagi yang memiliki keterbatasan soal dana.

Di Indonesia, salah satu merk yang mulai banyak diminati adalah Specs. Dengan harga yang lebih terjangkau, Specs bisa jadi pilihan. Tidak hanya itu, menggunakan sepatu Specs sekaligus membuktikan kecintaan kita pada produk dalam negeri.

Specs hadir sejak tahun 1980 yang diluncurkan oleh PT Panarub Industry. Pada awalnya, Specs merupakan sepatu untuk jogging dan sempat menguasai pasar sepatu jogging pada saat itu. Seiring dengan berjalannya waktu, Specs mulai fokus untuk memproduksi sepatu untuk olahraga lain seperti futsal dan sepakbola.

Di awal tahun 2004, Specs mulai membuka toko pertamanya di Pasaraya Grande dan Blok M Plaza agar lebih dikenal oleh masyarakat. Pada tahun itu pula, Specs untuk pertama kali menjadi sponsor bagi tim PERSIKOTA Tangerang. Sedangkan di tahun 2006, Specs berhasil menggandeng Cristian Gonzales sebagai brand ambassador. Bahkan Specs juga mulai melebarkan sayapnya untuk ekspansi menjual ke Malaysia dan Singapura. Dan di tahun 2008, Specs berhasil dinobatkan sebagai pemimpin pasar sepatu futsal di Indonesia.
 

Specs pun mulai muncul di permukaan pada 1979 dengan target pasar di dalam negeri. Awal keberadaannya pun tidak sesukses seperti sekarang. Sampai pada akhirnya, Lucas dan Linda menyerahkan urusan perusahaan ke anak semata wayangnya, Hendrik Sasmito.

Pria kelahiran 10 November 1962 terus mendalami bisnis keluarganya. Namun Hendrik tak butuh waktu lama memahami seluk beluk Panarub. Apalagi, dia sudah makan asam garam di perusahaan keluarganya itu. Mulai dari Manajer Manufacturing pada 1988, hingga menempati posisi General Manager Panarub pada 1990.

Naik Daun

Mengutip laman SWA, Hendrik mulai mengembangkan Specs dengan memperkenalkan sistem cold cenent shoes (sistem tempel dingin) yang menjadi keunggulan produknya. Sebelumnya, Specs masih menggunakan sistem vulkanisir seperti yang digunakan produk Bata.

Langkah itu pun langsung menuai banyak pujian. Ditangan Hendrik, perusahaan keluarga menjelma jadi perusahaan besar yang menjamah pasar-pasar luar negeri. Nama Hendrik pun juga mulai dikenal perusahaan sepatu raksasa seperti Adidas. Bahkan, Adidas mempercayakan produksi beberapa produknya dibawah kendali Hendrik pada 1988.

Posisi ini dimanfaatkan Hendrik untuk  pemasaran dengan menggandeng pemain-pemain sepak bola nasional seperti Rocky Putiray. Sang legenda sepak bola Indonesia yang sudah malang melintang di sepak bola internasional merupakan atlet pertama yang menjadi brand ambassador Specs. Selanjutnya, Specs mendapatkan sertifikat ISO serta memanenkan tekhnologi-tekhnologi pada sepatu olahraganya.

Pada tahun 2004, Specs memberanikan diri untuk dapat mensponsori tim professional Persikota Tangerang. Pada tahun yang sama pula, Specs membuka toko pertamanya di Pasar Raya Grande dan flagship shop di Blok M Mall.

Tidak butuh waktu lama Specs menjadi buah bibir perbincangan anak muda yang menggemari olahraga paling menyita perhatian ini. Dengan sokongan prestasi Persipura Jayapura yang pada tahun 2005 menjuari piala liga Indonesia. Specs yang menjadi sponsor resmi jersey apparel tim asal Indonesia Timur itu pun ikut kecipratan naik daun.

Di dunia olahraga futsal, Specs mulai merambah masuk ke dunia olahrga futsal ketika mereka mensponsori tim Electrik PLN pada tahun 2007, yang menjuarai Liga Futsal Indonesia. Di sisi lain, Specs juga melebarkan sayap distribusinya ke negara-negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura pada tahun yang sama. Dan hingga kini, sudah belasan atlet nasional dari cabang sepak bola dan futsal terpampang sebagai brand ambassador.
Cukup Sekian Terimakasih...

Comments